Pengertian Pasar Agribisnis, Pemasar Agribisnis, dan Pemasaran Agribisnis

Pengertian Pasar Agribisnis, Pemasar Agribisnis, dan Pemasaran Agribisnis ~ Berdasarkan pengertian pasar pertanian, pemasar pertanian, dan pemasaran pertanian sebelumnya, maka dapat juga dikemukakan pengertian pasar agribisnis, pemasar agribisnis, dan pemasaran agribisnis sebagai berikut.

Ilustrasi [Source image by www.kabarbisnis.com], 
Pasar agribisnis adalah tempat dimana terjadi interaksi antara penawaran dan permintaan produk (barang dan atau jasa) di bidang agribisnis, terjadi transaksi dan kesepakatan nilai, jumlah, spesifikasi produk, cara pengiriman, penerimaan, dan pembayaran, serta tempat terjadi pemindahan kepemilikan barang atau jasa dibidang agribisnis.

Pemasar agribisnis adalah seseorang yang mencari barang atau jasa, baik berupa input atau berupa produk agribisnis dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalannya. Dengan demikian, pemasar agribisnis dapat berfungsi sebagai pembeli atau penjual.

Pemasaran agribisnis dapat didefinisikan sebagai sejumlah kegiatan bisnis ayng ditujukan untuk memberi kepuasan dari barang atau jasa yang dipertukarkan kepada konsumen atau pemakai dalam bidang agribisnis. Pemasaran agribisnis tersebut secara parsial terdiri atas pemasaran input dan alat-alat pertanian, pemasaran produk pertanian, pemasaran produk agroindustri, serta pemasaran jasa-jasa pendukung agribisnis.

Sumber : Diktat Pengantar Agribisnis, Fakultas Pertanian, Jurusan Agribisnis, Universitas Cokroaminoto Palopo, 2007.

0 Response to "Pengertian Pasar Agribisnis, Pemasar Agribisnis, dan Pemasaran Agribisnis"

Post a Comment