Mengenal Tanaman Anggrek


A. Pendahuluan
Anggrek adalah nama umum untuk semua tumbuhan famili Orchidaceae (keluarga anggrek-anggrekan). famili ini merupakan salah satu grup terbesar di antara tumbuh-tumbuhan berbunga. diperkirakan diseluruh dunia terdapat 15.000-20.000 spesies anggrek dengan 900 genus (marga) yang menghuni rimbabelantara dan tersebar di 750 negara. kurang lebih 5.000 spesies di antaranya tersebar di Indonesia. secara garis besar klasifikasi tanaman anggrek terbagi atas 5 subfamili, 16 tribe (suku), dan 28 subtribe. (Sutiyoso, Saryono, 2001)

B. Klasifikasi Tanaman Anggrek
Klasifikasi tanaman anggrek didasarkan pada keistimewaan bunga, khususnya pada bagian reproduksinya. klasifikasi botani anggrek Dendrobium, misalnya, adalah sebagai berikut. (sutiyoso/saryono,2001)

Kingdom         : Planthae (dunia tumbuhan)    
Divisi               : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
Subdivisi         : Angiospermae (Biji tertutup)
Kelas              : Monocotyledonae (biji tunggal)
Ordo              : Orchidales (bangsa anggrek-anggrekan)
Famili             : Orchidaceae
Subfamili        : Epidendroideae
Tribe              : Epidendrae dendrobieae
Subtribe         : Dendrobiinae
Genus            : Dendrobium
Spesies          : D. bifale, D. macrophyllum, D. affine, D. phalaenopsis

C.  Penyebaran
Penyebaran anggrek sangat luas, baik didaerah arktik (Kutub Utara) maupun Antartika (Kutub Selatan). keadaan habitat yang sangat berbeda-beda itu membuat penampilan anggrek alam sangat bervariasi dalam bentuk, tipe dan ukuran. (Sutiyoso, Saryono, 2001)

D. Ukuran Anggrek
Anggrek terkecil berukuran 0,75 cm dan yang terbesar mencapai di atas 20 kaki yaitu sekitar 6,08 m. Bulbophyllum odoardi adalah jenis anggrek terkecil karena panjang umbi semu dan daunnya hanya 5 mm dengan garis tengah bunga hanya beberapa milimeter. jenis anggrek terbesar adalah Grammatophyllum speciosum. anggrek tersebut dikenal sebagai anggrek tebu karena panjang batangnya sekitar 1,8-2,4 m dengan ketebalan sekitar 5 cm. panjang daunnya sekitar 50 cm dengan lebar sekitar 5 cm, serta panjang bunga sekitar 10 cm.(klik link dibawah ini untuk melanjutkan membaca langsung dari sumbernya) (Sutiyoso, Saryono, 2001)

0 Response to "Mengenal Tanaman Anggrek"

Post a Comment