Penyakit Yang Sering Ditemukan Pada Hewan Ternak

Hal yang sangat penting dalam pemeliharaan ternak adalah kondisi ternak yang sehat. Kesehatan ternak dipengaruhi oleh pemeliharaan dan pemberian pakan. Kurangnya perhatian terhadap hal ini akan menimbulkan penyakit pada ternak yang dapat merugikan dalam usaha ternak. Oleh karena itu usaha pencegahan dan pengendalian penyakit sangat diperlukan agar ternak yang dipelihara tetap sehat. Beberapa penyakit yang sering ditemukan pada hewan ternak, diantaranya yaitu :

1. Brucellosis (Penyakit Keluron Menular) bersifat zoonosa artinya penyakit tersebut menular dari hewan ke manusia. penyakit ini dapat menimbulkan kerugian ekonomi akibat keguguran, gangguan reproduksi dan turunnya produksi susu pada sapi perah. Sumber penularanya yaitu Bahan makanan asal hewan dan bahan asal hewan yang mengandung bakteri brucellosis. Tindakan pencegahan adalah mentaati peraturan tranportasi hewan antar daerah dan mengikuti vaksinasi brucellosis yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Setempat.

2. Anthrax merupakan penyakit hewan menular yang disebabkan oleh bakter Bacillus Antracis bersifat ganas dan menyerang ternak sapi, kerbau, domba, kambing, kuda, babi,burung unta serta hewan lainnya seperti tikus, marmut, mencit dll. Sumber penularan Anthrax adalah:
  • Hewan/ternak penderita anthrax.
  • Bahan makanan pada hewan yang tercemar spora atau kuman anthrax.
  • Tanah,tanaman dan air serta media lainnya yang tercemar spora atau kuman anthrax.
3. Septicemia Epizootica (SE) atau dikenal juga sebagai penyakit ngorok adalah penyakit menular terutama pada sapi, kerbau, babi, dan kadang-kadang pada domba, kambing dan kuda, yang disebabkan oleh kuman Pasteurella multocida. Penyakit ini berjalan secara akut, angka kematian tinggi. Gejala penyakit adalah ngorok (mendengkur), disamping adanya pembengkakkan busung pada daerah submandibula dan leher bagian bawah. Penyakit SE menyebabkan kematian, penurunan berat badan, serta kehilangan tenaga kerja. Tindakan pencegahan adalah mentaati peraturan tranportasi hewan antardaerah. Mengikuti vaksinasi SE yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Setempat.


Baca juga ini :

0 Response to "Penyakit Yang Sering Ditemukan Pada Hewan Ternak"

Post a Comment