Tanaman Indoor Dan Outdoor



Penanaman bunga dalam ruangan (indoor)
Beberapa jenis bunga dapat ditanam di dalam ruangan, asalkan seluruh kebutuhan pertumbuhannya terpenuhi.

1 Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Tanaman di dalam Ruangan
Kemampuan tanaman untuk hidup dalam ruangan tertutup, tergantung pada jenisnya.
Pemilihan akan jenis tanaman yang akan dibudidayakan di dalam ruangan ini tergantung pada:
2. Efek individual
Ada beberapa orang lebih tertarik pada kaktus dibandingkan dengan mawar. Oleh karenanya penanaman dalam ruangan sangat tergantung pada siapa penghuni ruangan tersebut.
3. Kondisi tempat tumbuh
Ruangan dapat juga digunakan untuk menanam tanaman hias. Akan tetapi keberhasilan pertanaman di dalam ruangan ini tergantung pada kondisi ruangan dan jenis tanaman
hiasnya. Ruangan yang tidak cukup cahaya mataharinya tidak mencukupi syarat untuk tempat penanaman tanaman, kecuali diberi cahaya lampu selama 24 jam. Akan tetapi ada beberapa jenis tanaman yang adaptif di dalam ruangan yang terbatas sinar mataharinya misalnya: lidah mertua (Sansevieria trifascita), rambung merah (Ficus elastica), dan sebagainya
4. Dekorasi
Tanaman juga dapat digunakan untuk menghias ruangan, yang pemilihan tanamannya tergantung pada besar kecilnya ruang, warna, dan tekstur bunga.
5. Karakteristik tanaman
Beberapa alasan pemilihan jenis tanaman tertentu yang digunakan sebagai tanaman indoor disebabkan oleh:
Daya pikatnya
Tanaman yang terpilih sebagai tanaman indoor adalah tanaman yang mempunyai nilai aestetika. Nilainya dapat terletak pada keindahan daun ataupun bunganya.
- Penampilannya
Pada umumnya orang jarang menggunakan satu jenis tanaman indoor sepanjang masa hidup tanaman tersebut, tanaman akan segera digantikan jika tanaman itu tua (tidak menarik). Beberapa jenis tanaman dapat berubah penampilannya pada waktu muda dan tua, tanaman yang indah hanya pada waktu muda, akan segera digantikan, jika tanaman tua. Itu sebabnya tanaman indoor selalu diganti, berdasarkan bagaimana penampilannya dalam mendukung keindahan dekorasi ruangan.
- Siklus hidup
Beberapa jenis tanaman hanya menarik pada saat dia berbunga, dan menjadi tidak menarik pada saat pertumbuhan vegetatif. Sebaliknya ada beberapa jenis tanaman hias daunnya lebih menarik dibandingkan dengan bunganya.
-Laju pertumbuhan
Beberapa jenis tanaman laju pertumbuhanya relatif lebih cepat sedangkan jenis lainnya
lebih lambat. Misalnya kelompok tanaman hias annual (tanaman semusim) pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan kelompok palma.

Penanaman di Luar Ruangan (outdoor)
Untuk tanaman outdoor jenis dan keindahannya sangat banyak, tergantung pada pilihan  lanskapnya. Lanskap memiliki makna penggunaan tanaman outdoor yang berfungsi untuk menambah keindahan atau lainnya. Penanaman di luar ruangan dapat menggabungkan beberapa jenis tanaman, ataupun hanya satu jenis.
Tujuan dari pengaturan lanskap adalah;
- Peningkatan keindahan suatu areal
- Peningkatan nilai tanah dan bangunan
- Menggabungkan konsep alami pada bangunan
- Memberi kepuasan pada khalayak ramai
- Kontrol bagi pengendara dan pejalan kaki
- Memodifikasi lingkungan
- Tempat rekreasi
- Meningkatkan perlindungan terhadap semberdaya alam
- Mengurangi polusi suara

1 Response to "Tanaman Indoor Dan Outdoor"

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    ReplyDelete