Teknik Budidaya Adenium Socotranum

a.Pendahuluan
Setiap spesies punya beberapa keunikan tersendiri yang membedakan satu dengan yang
lainnya baik itu bentuk bunga, warna bunga, bentuk daun, bentuk akar dan lainnya. Karena tanaman adenium ini unik dan menarik dari akar sampai bunga maka kepopulerannya sulit pudar.

b. Pedoman teknis
Pembibitan
Bila sumber bibit berasal dari impornya dari luar negeri, sesampainya dari pengiriman sebaiknya beri tambahan vitamin B1 dan hormon pertumbuhan akar takaran secukupnya.

Pada awal proses adaptasi letakkan Adenium sp ini ditempat terlindung selama 2 minggu sampai sebulan bergantung kondisi kemampuan adaptasi tanamannya. Pengenalan terhadap tanaman yang sudah mampu beradaptasi adalah batangnya yang kelihatan kokoh dan segar, serta tumbuhnya tunas baru.

Perawatan
Sebenarnya perawatan adenium ini sama seperti Adenium spesies lainnya. Akan tetapi jenis adenium ini memerlukan kesabaran khusus dalam merawatnya. Perawatan merupakan syarat utama agar tanaman ini berbunga.

Perawatan sehari-hari sama saja dengan adenium lainnya. Hanya karena tanaman ini berharga, bisa juga dibuatkan mini greenhouse agar perkembangannya dapat dikendalikan sekaligus aman dari jangkauan tangan jahil. Sebaiknya tanaman ini jangan terkena air hujan secara langsung, karena takut air hujan (khususnya di kota besar) dapat mengurangi imunitas dari adenium ini sehingga bisa timbul penyakit baik dari jamur, bakteri maupun \ yang lain. Kondisi yang kering dan panas cukup disenangi adenium jenis ini.
Pemberian pupuk berimbang juga diperlukan. Ketika berusia lebih dari 5 tahun (kalau belum berbunga) dapat diberikan pupuk yang memacu pertumbuhan bunga. Pupuk pemacu bunga dapat juga diberikan dibawah usia 5 tahun.

Baca juga ini :

0 Response to "Teknik Budidaya Adenium Socotranum"

Post a Comment