Sunday, January 27, 2013

Klasifikasi Tanaman Hias





Tanaman hias dapat diklasifikasikan berdasarkan morfologi, siklus hidup, bentuk daun, ataupun karakteristik lainnya.

1.Golongan Herba
Tanaman hias herba adalah tanaman yang batangnya tidak berkayu, pada umumnya jenis ini banyak digunakan untuk tanaman indoor. Kelompok herba ini dapat dikelompokkan lagi, yaitu:

a. Siklus hidup
a. Annual, tanaman hias annual (semusim) adalah tanaman hias yang siklus hidupnya kurang dari setahun.
b.  Biannual, yang termasuk kedalam kelompok ini adalah tanaman hias yang pertumbuhan vegetatifnya terjadi pada tahun pertama dan masa reproduktifnya (berkembang biak) pada tahun berikutnya.
c.  Perenial (tahunan), yang termasuk kedalam kelompok ini adalah tanaman hias yang siklus hidupnya sangat panjang. Salah satu contoh tanaman hias kelompok ini adalah adalah lidah mertua (Sansevieria spp).

b Berdasarkan fungsi
Kelompok tanaman hias herba dapat dibagi berdasarkan fungsinya yaitu:
a.  Bedding Plant, yaitu tanaman yang digunakan sebagai selimut (pelindung) tanaman lainnya. Tanaman ini berfungsi untuk melindungi tanaman lainnya terhadap fluktuasi suhu ekstrim, hal ini banya dilakukan pada daerah sub-tropis. Contoh nya adalah: Petunia spp, dan marigold (Tagetes spp).
b.  Hanging plant (tanaman gantung), tanaman yang penanamannya dalam pot gantung misalnya geranium, pakis.
c.  Houseplant (tanaman indoor atau tanaman rumah) , adalah tanaman hias yang adaptif pada kondisi didalam ruangan. Mereka ditanam pada wadah tertentu, dan pada umumnya kelompok ini pertumbuhannya relative lebih lambat. Kelompok ini dapat berupa tanaman berbunga atau tanaman hias daun. Misalnya adalah lidah mertua (Sansevieria spp) , rambung merah (Ficus elastica)

2. Golongan Tanaman Hias Berkayu
Tanaman hias kelompok ini berbeda dalam ukuran dan pola pertumbuhannya. Beberapa jenis dapat menggugurkan daunnya jika terjadi perubahan cuaca, yang disebut decidous, dan kelompok kedua adalah tanaman yang tidak menggugurkan daunnya disebut evergreen. Kelompok ini ada yang berbentuk semak, menjalar, ataupun pohon. Tanaman berkayu dapat digabungkan penanamannya dengan kelompok herba akan tetapi jika menggabung keduanya perlu diperhatikan kebiasaan hidup masing masing jenis, warna, tekstur, luas kanopi, dan kemampuan adaptasinya.


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Like This

Google+ Followers

Komentar Teratas

Copyright © 2012. harno-net - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz