Syarat Tumbuh Kayu Manis


1. ketinggian tempat
Ketinggian tempat penanaman kayu manis dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman serta kualitas kulit seperti ketebalan dan aroma. Kayu manis dapat tumbuh pada ketinggian hingga 2000 m dpl, tergantung jenis kayu manis.

2. iklim
Iklim pun menjadi factor lingkungan penentu untuk petumbuhan tanaman. Tanaman ini tumbuh baik pada keadaan iklim tropis basah. Iklim tropis basah tersebar hamper diseluruh wilayah Indonesia.
a. curah hujan
kayu manis menghendaki hujan yang merata sepanjang tahun dengan jumlah cukup, sekitar 2000 – 2500 mm/tahun.

b. suhu
daerah penanaman yang dikehendakikayu manis sebaiknya bersuhu rata-rata 25o C dengan batas maksimum 27oC dan minimum 18oC, tergantung jenisnya.
c. kelembapan
kelembapan yang diinginkan kayu manis berkisar 70 – 90%.
d. sinar matahari
tanaman kayu manis tidak dapat tumbuh baikpada penyinaran penuh. Sinar matahari yang dibutuhkan tanaman hanya sekitar 40-70%.

3. tanah
Tanaman kayu manis sangat menyukai jenis tanah pegunungan, yaitu latosol. Jenis tanah latosol biasanya banyak mengandung humus, remah, berpasir, dan mudah menyerap air. Namun, kayu manis pun masih dapat tumbuh baik pada jenis tanah andosol, podsolik merah kuning, dan mediteran.

4. topogafi
Lebih dari 75% areal penanaman kayu manis berada ditanah miring atau lereng dan hanya 25% saja yang berada ditanah datar.

5. air tanah
Daerah dengan topografi miring memiliki air tanah yang dalam. Hal inilah yang sangat disukai kayu manis. Air tanah yang rendah dan adanya genangan air mengakibatkan tanaman mudah terjangkit penyakit kanker yang sering menyerang akar dan batang pokok.

0 Response to "Syarat Tumbuh Kayu Manis"

Post a Comment