cara membuat bibit sambung pucuk (Grafting)



cara membuat bibit sambung pucuk (Grafting) ~ Perbanyakan tanaman denga sambung pucuk dilakukan terhadap bibit semai dari biji yang telah sebesar pensil. bibit dari sambung pucuk ini bertujuan mempertahankan sifat tanaman yang mempunai potensi produksi tinggi.

dalam penyambungan diperlukan batang bawah yang berasal dari bibit semai, sedangkan batang atas dari tunas yang telah cukup umurnya (tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda).batang atas yang baik dipakai adalah ruas kedua sampai dengan ruas keempat karena ruas kesatu masih terlalu muda dan ruas yang terlalu tua telah keras dan berkayu.

tekhnik penyambungan yang sering dilakukan saat ini adalah sambungan celah. tinggi sambungan kira-kira 10-15 cm pada kedua sisinya, kemudian ditempelkan pada batang bawah yang telah dibelah sepanjang 3-4cm. setelah batang atas dan batang bawah ditempelkan dengan cermat, tempat sambungan diikat dengan tali rafia. sambungan dibungkus dengan kantong plastik tembus cahaya yang berukuran 10x25cm dan diikat dengan tali agar kelembapan tempat sambungan dapat terjaga.

setelah penyambungan berlangsung kurang lebih 3 minggu, plastik pembungkus sambungan dibuka untuk memeriksa hasil sambungan. sambungan yang berhasil akan tetap berwarna hijau, sedangkan ambungan yang gagal berwarna cokelat. setelah hasil sambungan tumbuh sehat dan kuat bibit tanaman sambung pucuk ini bisa ditanam di kebun.

0 Response to "cara membuat bibit sambung pucuk (Grafting)"

Post a Comment