MENGENAL SEMANGKA

Tanaman semangka [manfaat-aneka-buah.blogspot.com]

Morfologi  Semangka

Semangka mirip dengan melon (Cucumis melo L.). keduanya termasuk Famili Curcubitaceae. Family ini memiliki sekitar 750 jenis yang tumbuh tersebar didaerah tropika. Beberapa anggota family Cucurbitaceae yang dikenal dengan tanaman sayuran, diantaranya ketimun (Cucumis sativus L.), Waluh (Cucurbita maxima L.), Labu siam (Sechium edule (Jecq) Sw.), bligu (Benicasa hispida (Thumb) Cogn), dan labu air (Lagenaria siceraria (Mol) Standl). Di jepang, labu air dan waluh digunakan sebagai pohon pangkal semangka untuk menghindari penyakit layu.

Semangka termasuk tanaman semusim sehingga diamerika , eropa, jepang digolongkan ke dalam kelompok tomat, cabe, terong sebagai golongan sayur buah. Di Indonesia, semangka termasuk golongan buah-buahan sepeti halnya melon dan strawberi.

Batang semangka berbentuk bulat dan lunak, berambut, dan sedikit berkayu. Batang ini merambat, panjangnya sampai 3,5 – 5,6 meter. Cabang-cabang lateral mirip dengan cabang utama. Daunnya berbentuk caping, bertangkai panjang, dan letaknya berseberangan. Bunga semangka berjenis kelamin satu, tunggal, berwarna kuning, diameternya sekitar 2 cm.

Jenis-Jenis Semangka

Semangka dapat ditanam dengan biji yang berasal dari local ataupun introduksi. Semangka local sebenarnya juga berasal dari semangka introduksi, tetapi sudah dibudidayakan selama puluhan tahun sehingga sifat-sifatnya sudah berubah. Hal ini disebabkan oleh cara pembenihan dan daya adaptasinya pada lingkungan setempat.
  1. Semangka Lokal
  2. Semangka local ini umumnya mengandung banyak biji, rasanya kurang manis, dan buahnya kecil-kecil. Jenis semangka local itu antara lain semangka bojonegoro dan semangka sengkaling
  3. Semangka Introduksi
  4. Benih semangka ini berasal dari luar negeri. Setelah diuji keunggulan, daya adaptasi, dan daya tahannya tehadap hama/penyakit, maka benih semangka ini dinyatakan baik dan dianjurkan sebagai varietas unggulbaru. Bijinya digunakan sebagai benih sebar.
Di Indonesia, saat ini telah banyak terdapat varietas semangka introduksi, di antaranya berasal dari jepang, amerika,Taiwan, Australia. Semangka introduksi digolongkan menjadi semangka biasa, semangka hibrida dan semangka triploid (tidak berbiji).

0 Response to "MENGENAL SEMANGKA"

Post a Comment