klasifikasi dan ciri botani jeruk siam

Tanaman jeruk siam [supplierjeruk.blogspot.com]
klasifikasi dan ciri botani jeruk siam ~ Jeruk siam hanya meupakan bagian kecil dari sekian banyak s[pesies dan varietas jeruk yang sudah dikenal dan dibudidayakan . bisa dibayangkan, famili Rutaceae saja memiliki anggota tidak kurang dari 300 spesies. para ahli botani mengelompokkan semua anggota famili ini kedalam 7 subfamili dan 130 genus. sedangkan yang menjadi induk tanaman jeruk adalah subfamili ini masih dibagi-bagi lagi dalam beberapa kelompok tribe dan subtribe.

Klasifikasi Jeruk Siam

Jeruk tergolong dalam rumpun citriae dan subtribe citrinae. dari subtribe inilah berbagai jenis anggota tanaman jeruk berasal, termasuk didalamnya jeruk siam. secara sistematis klasifikasi jeruk siam adalah sebagai berikut.

Faamili : Rutaceae
Subfamili  : Aurantioidae
Tribe  : Citriae
Subtribe  : Citrinae
Genus  : Citrus
Subgenus  : Eucitrus, Papeda
Spesies  : Citrus nobilus LOUR var.microcarpa Hassk

Ciri Botani Tanaman Jeruk Siam

Umumnya batang jeruk siam yang dibudidayakan secara komersial mempunyai tinggi antara 2,5-3m. pohon tersebut biasanya berasal dari cangkokan atau okulasi. untuk pohon yang berasal dari okulasi, tingginya ditentukan oleh penggunaan batang bawahnya.

kebanyakan varietas jeruk siam mamiliki bentuk dan ukuran daun yang bisa dibedakan dari jenis jeruk lainnya. bentuk daunnya oval dan berukuran sedikit lebih besar dari jeruk keprok garut. ukuran daunnya sekitar 7,5 cm x 3,9 cm. dan memiliki sayap daun kecil yang berukuran sekitar 0,8cm x 0,2cm. ujung daunnya agak terbelah, sedangkan bagian pangkalnya meruncing. urat daunnya menyebar sekitar 0,1cm dari tepi daun. antara batang dengan daun dihubungka oleh tangkai daun dengan panjang sekitar 1,3cm. bentuk dan warna bunganya cukup menarik. ukurannya yang kecil mungil dengan warna putih segar seperti bunga melati.

jeruk siam mempunyai ciri khas: kulit buah tipis (sekitar 2mm), permukaannya halus, licin, mengkilap dan menempel lekat dengan daging buahnya. biji buahnya berbentuk ovoid, warnahnya putih kekuningan dengan ukuran sekitar 0,9cmx0,6cm, dengan jumlah biji per buahnya sekitar 20 biji. yang paling penting dari semua itu adalah daging buahnya lunak dengan rasa manis dan harum.

Baca juga ini :

0 Response to "klasifikasi dan ciri botani jeruk siam"

Post a Comment