Klasifikasi, Sistematika Dan Syarat Tumbuh Tanaman Panili

Tanaman vanili [www.rajalatex.pupukkaretdansawit.com]
Klasifikasi, Sistematika Dan Syarat Tumbuh Tanaman Vanili ~ Tanaman vanili atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama vanilla planifolia andrews, yang mempunyai nama usang atau lama vanilla fragrans salisba mens ini termasuk tanaman tahunan. Penemu jenis vanili ini adalah seorang botanis ( ahli tumbuh-tumbuhan ) asal swedia yang cukup terkenal, bernama andrews.

Klasifikasi Tanaman Vanili

Dalam klasifikasi tumbuh-tumbuhan tanaman vanili termasuk dalam klas monocotyledoneae (tumbuhan berkeping satu). untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada klasifikasi dibawah ini :
suku (familia) : orchidaceae (anggrek-anggrekan)
marga (genus) : vanilla
jenis (spesies) : vanilla planifolia andrews

Sistematika Tanaman Vanili

Akar tanaman vanili ada dua macam, yang pertama adalah akar serabut yang tinggal dan tumbuh didalam tanah. dan akar kedua adalah dua buah akar yang tumbuh pada tubuh atau batang tanaman, yaitu pada buku-buku batang tanaman.

Tanaman panili mempunyai batang berbentuk sulur, berwarna hijau, agak lunak, beruas-ruas dan berbuku-buku, serta mengandung air (succulent). batangnya kira-kira sebesar ibu jari, panjang setiap ruasnya kurang lebih 15cm. apabila tanaman ini dibiarkan tumbuh terus, maka dapat mencapai panjang kurang lebih 10.000cm (100m) lebih. batang tanaman vanili tidak bercabang dan cenderung tumbuh terus. percabangan dapat terjadi apabila pucuk batang dipotong atau dilengkungkan kebawah atau keatas, selain itu dapat pula terjadi bila tanaman terluka.

Daun tanamn vanili pipih dan berdaging (carnosus), bentuknya bulat telur (ovatus), jorong (ellipticus), sampai lanset (lanceolatus). ujung daunnya meuncing (acuminatus) dengan pangkal duduk pada batang secara berselangseling. panjang daun tanaman vanili lebih kurang 10 sampai 25cm dengan lebar antara 5 sampai7cm.

Bunga tanaman vanili meupakan bunga tandan (vacemus) yang terdiri dari 15 sampai 20 bunga setiap tandannya. bunganya merupakan bunga sempurna, artinya dalam satu bunga terdapat alat kelamin jantan (androecium) dan alat kelamin betina (gynaecium).

Buah tanaman vanili termasuk polong, bentuknya menyerupai buah pada jenis tanaman polong-polongan (laguminosae/fabaceae), bersiku tiga tumpul, berdaging dengan tubuhnya luna. panjang buah vanili pada umumnya antara 12 sampai 25 cm dengan garis tengah (diameter) antara 1,0 sampai 1,5cm dan berwarna hijau.

Syarat Tumbuh Tanaman Vanili

Unsur-unsur iklim yang dapat mempengaruhi petumbuhan dan perkembangan tanaman vanili adalah sinar matahari, curah hujan, kelembapan udara, suhu,udara, dan angin.

Sebaiknya tanaman vanili ditanam pada tipe sandly loam (lempung berpasir) dan gravelly loam (lempung berpasir berkerikil). selain itu tanah juga harus mempunyai daya pengikat air yang cukup dan tidak menggenang, usahakanlah tanah tersebut mempunyai kemiringan antara 3 sampai 7 pesen. kadar keasaman tanah (pH tanah) yang dikehendaki tanaman vanili ini berkisar antara 5,5 sampai 7,0.

Ternyata tanaman vanili dapat tumbuh dengan baik didaerah yang beriklim tropis, yaitu pada posisi 20derajat LU (Lintang Utara) sampai 20derajat (Lintang Selatan). dari dataran rendah yang mempunyai ketinggian 100meter dari permukaan laut (mdpl) sampai 800m dpl.

Baca juga ini :

0 Response to "Klasifikasi, Sistematika Dan Syarat Tumbuh Tanaman Panili"

Post a Comment