Manfaat dan Produk Olahan Lada

Olahan lada [www.infokesehatan.my.id]
Manfaat dan Produk Olahan Lada ~ Pada postingan kali ini, kita akan membahas tentang berbagai manfaat tanaman lada dalam kesehatan, dunia kuliner, serta dalam pembuatan pestisida nabati yang ramah lingkungan. Selain manfaatnya, kita juga akan membahas mengenai produk-produk olahan yang berbahan dasar lada.

1. Lada untuk kesehatan
biji lada banyak dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional maupun modern. khasiatnya sebagai stimulan pengeluaran keringat (diaphoretic), pengeluaran angin (carminativ, peluruh air kencing (diuretic), peningkatan nafsu makan, dan percepatan pencernaan zat lemak.

Selain itu, biji lada pun dapat dipakai untuk ramuan obat reumatik. bahkan, banyak yang memanfaatkan bubuk lada sebagai obat kuat fisik setelah dicampur telur ayam setengah matang. bubuk lada pun dapat dicampur dengan madu sebagai ramuan peningkat vitalitas.

2. Lada sebagai penyedap makanan
bubuk lada dimanfaatkan sebagai penyedap makanan eropa maupun asia. masakan daging di daerah padang maupun daerah lainnya di indonesia tidak ketinggalan menggunakannya. selain itu lada juga dimanfaatkan untuk pembuatan sosis daging.

Olahan buah dan sayuran seperti asinan kol dan chutney ala india memanfaatkan bubuk atau biji lada. keju keluaran eropa, australia, USA, dan negara lain juga menggunakan bubuk lada. minuman ringan, kembang gula, dan macam-macam kue banyak memanfaatkan lada.

3. Lada sebagai pestisida nabati
daun lada mengandung zat beracun. oleh karena itu, daun lada dapat digunakan sebagai insektisida pembunuh serangga. ekstrak kasar lada hitam juga sangan toksik terhadap hama kapas anthonomous gradies boheman.

Berikut ini beberapa produk olahan yang berbahan dasar tanaman lada, yaitu:

1. Minyak lada
kadar minyak asiri dan kadar bahan yang tidak menguap (non-volatile extrack) sangat tergantung dari jenis lada. tinggi rendah kadar minyak lada. menentukan tinggi rendah nilai aroma jenis biji lada. namun, bukan tidak mungkin faktor lain seperti kesuburan tanah pun berpengaruh terhadap aroma minyak lada.

Minyak lada yang baik dapat diperolah melalui destilasi uap air. minyak yang dihasilkan dengan cara ini hampir tidak berwarna hingga agak kehijau-hijauan dan berbau khas merica.

2. Oleoresin biji lada
selain dapat menghasilkan minyak asiri, biji lada dapat menghasilkan bahan padat yang disebut oleoresin. oleoresin ini diperoleh melalui propses ekstraksi. oleoresin dapat diartikan dalam bahasa indonesia sebagai "oleo" yang berarti minyak dan " resin" yang berarti damar.

Sehingga oleoresin merupakan gugusan kimia yang terdiri dari minyak asiri dan damar. oleoresin biji lada mengandung unsur-unsur pemedas, yaitu zat piperine piperanine serta chavicine. sementara minyak asiri lada tidak mengandung unsur-unsur pemedas tersebut, tetapi hanya meningkatkan aroma biji lada.

0 Response to "Manfaat dan Produk Olahan Lada"

Post a Comment