BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada awalnya komputer masih
bekerja sendiri-sendiri sehingga proses pertukaran data masih mengandalkan
media-media penyimpanan eksternal. Efisiensi komunikasi data pada jaringan komputer
menjadi alasan utama berkembang pesatnya teknologi jaringan komputer, namun
seiring kebutuhan komunikasi data yang handal dan efisien hamper semua bidang
menggunakannya. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang beberapa beberapa
hal mendasar dalam jaringan komputer, sebagai awal bagi pembaca yang ingin
terjun dan lebih mendalami tentang jaringan komputer.
Sejalan dengan semakin luasnya
jaringan komputer di area ini, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi
perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak
aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan
tertentu.
B.
Tujuan
Sebagai sumber pengetahuan dasar
tentang perangkat lunak (software) dan komunikasi data.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Perangkat
lunak (software)
Komputer merupakan mesin yang
memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk
meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi proses
data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Dari proses dasar ini
disusun program / perangkat lunak. Tingkat pemprosesan yang dikerjakan perangkat
lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori
informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data / fakta. Kemudian setelah
proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi.
Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu
menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang digabung dari
berbagai sisi guna membangun wisdom.
B.
Perkembangan
Pembuatan Perangkat Lunak
Dari perkembangan perangkat
lunak, kita membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan
perangkat lunak. Bentuk paling primitive dari perangkat lunak, menggunakan
aljabar. Yang dipresentasikan sebagai binary digit (bit). Yaitu 1 (benar/on)
atau 0 (salah/off). Cara ini sudah pasti sangat
menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible.
Kelompok-kelompok bit ini disusun
kedalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika,
operasi logika, dan bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode mesin sendiri masih
cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghafal kode tersebut dan
format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan. Dari masalah ini
kemudian lahir bahasa pemprograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia
(bahasa inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses
produksi yang sangat komplek. Dengan urutan proses yang panjang dengan
melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
C.
Evolusi
Perangkat Lunak
Bentuk perangkat lunak pada
awalnya adalah sambungan-sambungan kabel keantar bagian dalam komputer. Cara lain dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung. Sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan diproses.
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan
akademis saja, tetapi juga oleh kalangan industry/perusahaan. Perusahaan
perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan
beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan lagi
satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak.
Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis dua yang
memisahkan antara program (pemproses) dengan data (yang dip roses).
Sejalan dengan semakin luasnya PC
dan jaringan komputer di area ini perangkat lunak juga berkembang untuk
memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak
aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan
tertentu. Automatisasi yang ada didalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis
kecerdasan buatan.
Saat ini perangkat lunak sudah
terdapat dimana-mana, tidak hanya pada sebuah super komputer, dengan prosesnya,
sebuah komputer genggampun telah dilengkapi di lengkapi dengan perangkat lunak
yang dapat disinkron dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti
telepon,TV,hingga ke mesin cuci, AC dan microwafe, telah di tanamkan perangkat
lunak untuk mendengar operasi peralatan itu. Dan hebatnya lagi adalah setiap
peralatan itu akan mengarah pada suatu sat kelak akan dapat saling berhubung.
Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan
lagi pekerjaan segelintir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang,
dan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat,
selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bias mengenali suara
dan gambar.
D.
Klasifikasi
perangkat lunak
Perangkat lunak secara umum dapat
dibagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi, perangkat
lunak sistem dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
a.
Bahasa
pemprograman
Merupakan perangkat lunak yang
bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke
dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemprograman
diantaranya : BASIC. COBOL, pascal, C+t, FORTRAN
b.
Sistem
operasi
Saat komputer pertama kali
dihidupkan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan
masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori dan memberikan
keluaran ke peralatan yang bersesuaian.
c.
Utiliy
Sistem operasi merupakan
perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, pemeriksaan perangkat keras
(hardware troubleshooting) memeriksa disket yang rusak, mengatur ulang isi
harddisk (partisi, ), contoh utiliy adalah norton utility.
Perangkat lunak
aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus
berkembang, sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses data
(wordstatchi write), pemproses table (lotus 123,quarto pro), database (DBASE),
dan hiburan (GAME). Pada perkembangan pemroses kata, table dan database saat
ini telah di menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi
office adalah Microsoft office yang terdiri dari word (pemproses kata), exel
(pemproses table), access (database), dan powerpoint (presentasi). Yang
berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet.
Contoh aplikasi multimedia adalah winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau
CD audio, kemudian real player yang dapat digunakan untuk menonton film atau
VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail,
chatting dan messenger.
Aplikasi
yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti
auto can (gambar struktur), protel (gambar rangkaian elektronik), dan matlab
(pemroses dan visualisasi persamaan matematis)
a.
Sistem
Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan
dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang
kompatibel dengan produk awal IBM dan macintosh. PC macintosh. Perangkat lunak
dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat
cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi
menjadi 2 aliran yaitu komersil yang dibuat oleh Microsoft dan yang bersifat
freeware yang dikembangkan oleh peneliti dan seluruh dunia karena bersifat open
source, yaitu bahan baku pembuatan dapat dibaca, sehingga hasilnya dapat
ditambah atau dimodifikasi oleh setiap orang. Sementara interaksi antara
pengguna dan komputer dikenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah
pemberian instruksi melalui penulisan perintah, atau dengan cara tunjuk
(pointer) dengan tampilan grafis.
b.
Aplikasi
Office
Perangkat lunak aplikasi
perkantoran yang umum adalah pemproses kata dan pemroses tabel. Pemroses kata
umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan.
Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran. Pengaturan spasi,
margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font). Pemroses kata juga dapat
melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Pemroses table biasanya digunakan untuk melakukan
perhitungan yang menggunakan table (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan
adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi
lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal, atau deviasi.
c.
Aplikasi
Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini
banyak dan beragam. Di katakana multimedia karena selain penggunaan media teks,
aplikasi ini dapat memproses/menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar,
suara, dan film. Aplikasi multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi
yang digunakan untuk membuat atau yang hanya digunakan untuk menampilkan saja
dan aplikasi pengaturan.
d.
Aplikasi
Internet
Perangkat lunak yang berhubungan
dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi internet
adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin
dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi,
yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client) contoh aplikasi
internet dan perangkat lunak dan sisi pengguna yang umum digunakan adalah:
-
HTTP
(hypertext transfer protocol). Merupakan aplikasi internet yang menampilkan
baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah
(hypertext). Dan hypertext ini, pengguna dapat melompat dari suatu dokumen
(page) ke dokumen lainnya perangkat lunak disisi pengguna yang menjalankan http
di kenal sebagai browser.
-
E-MAIL
(Electronic Mail). Merupakan aplikasi aplikasi surat menyurat di internet,
setiap orang memiliki massanger digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang
atau lebih (conference). Selain browser adalah internet explorer dan nekscape.
Alamat e-mail, dan bias saling bertukar dokumen satu sama lain.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Jarngan komputer merupakan sebuah
teknologi yang bias memberikan solusi dalam mempercepat proses pertukaran data
dan informasi. Dalam makalah ini kami telah memberikan dasar pengetahuan yang
sangat fundamental dalam memahami tentang software. Jaringan komputer sangat
cocok diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan berskala nasional yang
memiliki cabang di beberapa daerah, namun tidak menutup kemungkinan juga bias
digunakan oleh institusi apapun yang sangat membutuhkan kemudahan dan
percepatan dalam proses pertukaran data dan informasi.
B.
Saran
Kemajuan teknologi komputer
khususnya jaringan komputer saat ini benar-benar menunjukkan kemajuan yang
sangat pesat, namun ternyata hal ini tidak dibarengi dengan peningkatan tenaga
ahli di bidang ini. Namun dalam hal membuat dan menyajikan makalah ini, kami
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan-kelemahan dari kami. Oleh
karena itu kami mengharapkan kritik dan saran saudara-saudara.
Baca juga ini :
0 Response to "Tugas Makalah Komputer"
Post a Comment