Sunday, October 14, 2012

Tugas Makalah Komputer




BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Pada awalnya komputer masih bekerja sendiri-sendiri sehingga proses pertukaran data masih mengandalkan media-media penyimpanan eksternal. Efisiensi komunikasi data pada jaringan komputer menjadi alasan utama berkembang pesatnya teknologi jaringan komputer, namun seiring kebutuhan komunikasi data yang handal dan efisien hamper semua bidang menggunakannya. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang beberapa beberapa hal mendasar dalam jaringan komputer, sebagai awal bagi pembaca yang ingin terjun dan lebih mendalami tentang jaringan komputer.
Sejalan dengan semakin luasnya jaringan komputer di area ini, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
B.       Tujuan
Sebagai sumber pengetahuan dasar tentang perangkat lunak (software) dan komunikasi data.


BAB II
PEMBAHASAN
A.       Perangkat lunak (software)
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi proses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Dari proses dasar ini disusun program / perangkat lunak. Tingkat pemprosesan yang dikerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data / fakta. Kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang digabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.

B.       Perkembangan Pembuatan Perangkat Lunak
Dari perkembangan perangkat lunak, kita membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak. Bentuk paling primitive dari perangkat lunak, menggunakan aljabar. Yang dipresentasikan sebagai binary digit (bit). Yaitu 1 (benar/on)
atau 0 (salah/off). Cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible.
Kelompok-kelompok bit ini disusun kedalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghafal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan. Dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemprograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat komplek. Dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.

C.       Evolusi Perangkat Lunak
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel  keantar bagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung. Sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan diproses.
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademis saja, tetapi juga oleh kalangan industry/perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak. Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis dua yang memisahkan antara program (pemproses) dengan data (yang dip roses).
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di area ini perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada didalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat dimana-mana, tidak hanya pada sebuah super komputer, dengan prosesnya, sebuah komputer genggampun telah dilengkapi di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkron dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon,TV,hingga ke mesin cuci, AC dan microwafe, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mendengar operasi peralatan itu. Dan hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu sat kelak akan dapat saling berhubung. Pembuatan sebuah perangkat  lunak bukan lagi pekerjaan segelintir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bias mengenali suara dan gambar.

D.       Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat lunak secara umum dapat dibagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi, perangkat lunak sistem dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
a.         Bahasa pemprograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemprograman diantaranya : BASIC. COBOL, pascal, C+t, FORTRAN
b.         Sistem operasi
Saat komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian.
c.         Utiliy
Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting) memeriksa disket yang rusak, mengatur ulang isi harddisk (partisi, ), contoh utiliy adalah norton utility.
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang, sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses data (wordstatchi write), pemproses table (lotus 123,quarto pro), database (DBASE), dan hiburan (GAME). Pada perkembangan pemroses kata, table dan database saat ini telah di menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft office yang terdiri dari word (pemproses kata), exel (pemproses table), access (database), dan powerpoint (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD audio, kemudian real player yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti auto can (gambar struktur), protel (gambar rangkaian elektronik), dan matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis)
a.         Sistem Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan macintosh. PC macintosh. Perangkat lunak dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang dibuat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang dikembangkan oleh peneliti dan seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat dibaca, sehingga hasilnya dapat ditambah atau dimodifikasi oleh setiap orang. Sementara interaksi antara pengguna dan komputer dikenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah, atau dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis.
b.         Aplikasi Office
Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemproses kata dan pemroses tabel. Pemroses kata umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran. Pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font). Pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Pemroses table biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan table (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal, atau deviasi.
c.         Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini banyak dan beragam. Di katakana multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses/menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara, dan film. Aplikasi multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi yang digunakan untuk membuat atau yang hanya digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.
d.         Aplikasi Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client) contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dan sisi pengguna yang umum digunakan adalah:
-            HTTP (hypertext transfer protocol). Merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dan hypertext ini, pengguna dapat melompat dari suatu dokumen (page) ke dokumen lainnya perangkat lunak disisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser.
-            E-MAIL (Electronic Mail). Merupakan aplikasi aplikasi surat menyurat di internet, setiap orang memiliki massanger digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference). Selain browser adalah internet explorer dan nekscape. Alamat e-mail, dan bias saling bertukar dokumen satu sama lain.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.       Kesimpulan
Jarngan komputer merupakan sebuah teknologi yang bias memberikan solusi dalam mempercepat proses pertukaran data dan informasi. Dalam makalah ini kami telah memberikan dasar pengetahuan yang sangat fundamental dalam memahami tentang software. Jaringan komputer sangat cocok diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan berskala nasional yang memiliki cabang di beberapa daerah, namun tidak menutup kemungkinan juga bias digunakan oleh institusi apapun yang sangat membutuhkan kemudahan dan percepatan dalam proses pertukaran data dan informasi.

B.       Saran
Kemajuan teknologi komputer khususnya jaringan komputer saat ini benar-benar menunjukkan kemajuan yang sangat pesat, namun ternyata hal ini tidak dibarengi dengan peningkatan tenaga ahli di bidang ini. Namun dalam hal membuat dan menyajikan makalah ini, kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan-kelemahan dari kami. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran saudara-saudara.


Baca juga ini :



Artikel Terkait


Artikel yang mungkin anda cari :


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Google+ Followers

Komentar Teratas

Copyright © 2012. Budidaya Tanaman - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz