Cara Mudah Memilih Jagung Manis Yang Baik



UNTUK membuat jagung bakar, tentunya dibutuhkan jagung manis, terlebih aroma manis dari jagung semakin membuat aroma bakaran jadi lebih lezat ketika disantap. Meski banyak yang menjual jagung di pasaran, pasti Anda akan kesulitan mendapatkan jagung yang benar-benar manis saat masih mentah.
Berikut ini, ada beberapa cara memudahkan Anda dalam memilih jagung manis, sehingga saat diolah pun tidak mendapatkan rasa kecewa pada diri Anda dan keluarga:

Berat seimbang
Carilah jagung berdaun yang memiliki berat yang seimbang. Itu pertanda bahwa jagung tidak dimakan serangga atau jamur.
 
Berdaun lembab

Untuk mendapatkan jagung yang enak, maka pilihlah jagung berdaun lembab, jagung pun masih terbungkus pada tongkolnya atau masih berada dalam keadaan segar.

Jangan kupas daunnya
Untuk mengetahui kondisi butir jagung, janganlah mengupas daunnya. Kalau dikupas, maka jagung akan mengering dan mudah terserang jamur. Anda bisa mengetahui kondisi butir jagung dengan meraba rambut (ujung) jagung. Pastikan butir jagung berisi dan sehat pada bagian itu. Jagung yang sudah matang berdaun hijau terang serta kulit jagung lembab. Sememntara itu, bagian rambut akan keras menjadi hitam dan lembab.

Usai dipetik
Setelah dipetk maka kandungan gula dalam jagung segera berubah menjadi zat pati. Perubahan inilah yang akan mengurangi rasa manis pada jagung. Jagung juga akan kehilangan 25 persen atau lebih dari kandungan gula di dalamnya dalam waktu 25 hari setelah dipanen.
Okezone.com

0 Response to "Cara Mudah Memilih Jagung Manis Yang Baik"

Post a Comment