Siklus Hidup Padi Gogo












Seperti halnya tanaman pangan lainnya, padi gogo memiliki tahapan dalam petumbuhannya. Tahap-tahap petumbuhan tersebut terdiri dari tahap vegetative, reproduksi, dan pematangan. Lama tahap vegetative bebeda pada setiap varietas. 

Sementara tahap reproduksi dan pematangan relative konstan untuk kebanyakan varietas. Padi gogo berumur 100 hari biasanya memiliki tahap vegetative kira-kira 40 hari. Padi gogo yang berumur 120 hari umunya memiliki tahap vegetative kira-kira 55 hari dan tahap reproduktif serta pemasakan kira-kira 65 hari.

1. tahap vegetative
Tahap ini dimulai dari stadia bibit yang selanjutnya akan membentuk anakan padi yang jumlahnya terus bertambah. Demikian pula jumlah daun serta luasnya ikut bertambah. Tahap vegetative akan semakin lama pada temperature rendah, hari panjang, dan musim kering.

2. tahap reproduktif
Tahap ini dimulai saat awal pembentukan malai dan berakhir pada saat pembungaan. Lama tahap kira-kira 35 hari. Selama tahapan ini tanaman peka terhadap kekeringan dan pemperatur rendah.

3. tahap pemasakan

Tahap ini dimulai saat pembungaan sampai kira-kira 35 hari kemudian. Tahap ini dapat bertambah lama dengan adanya hujan atau temperature rendah. Cahaya matahari dan suhu yang relative tinggi dapat memperpendek tahap ini.

0 Response to "Siklus Hidup Padi Gogo"

Post a Comment