Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit (Palm Trees)

Klasifikasi Tanaman Kelapa Sawit Adalah sebagai berikut.

Divisi         : Spermatophyta
Subdivisi    : Angiospermae
Kelas        : Monocotyledonae
Ordo         : Palmales
Famili        : Palmaceae
Genus        : Elaeis
Spesies      : Elaeis Guineesis
                   Elaesis odora (tidak ditanam diindonesia)
                   Elaesis melanococca (Elaeis oleivera)
Varietas     : Elaeis guineesis dura
                   Elaeis guineesis tenera
                   Elaesis guineesis pisifera

morfologi tanaman kelapa sawi adalah sebagai berikut.
a. akar
kecambah kelapa sawit yang baru tumbuh memiliki akar tunggang, tetapi akar ini mudah mati dan segera diganti dengan akar serabut. akar tanaman kelapa dapat menembus kedalaman 8 meter didalam tanah, sedangkan yang tumbuh kesamping bisa mencabai radius 16 meter.

b. batang
setelah tanaman berumur 4 tahun, batang mulai memperlihatkan pertumbuhan memanjang. ketebalan batang tergantung pada kekuatan pertumbuhan daun-daunnya. batang kelapa sawit dapat tumbuh hingga 20 m.

c. daun
daun dibentuk didekat titik tumbuh, setiap bulan biasanya akan tumbuh dua lembar daun. pertumbuhan daun awal dan daun berikutnya akan membentuk sudut 135derajat. daun pupus yang tumbuh keluar masih melekat dengan daun lainnya. arah pertumbuhan daun pupus tegak lurus keatas dan berwana kuning. anak daun pada daun normal berjumlah 80-120 lembar.

d. bunga
susunan bunga terdiri dari karangan bunga yang terdiri dari bunga jantan (tepung sari) dan bunga betina (putik). namun, ada juga tanaman kelapa sawit yang hanya memproduksi bunga jantan.

e. buah
buah kelapa sawit menempel dikarangan yang disebut tandan buah. dalam satu tandan terdiri dari puluhan sampai ribuan buah. tandan buah akan mencapai ukuran maksimal (terbesar) pada umur 4,5-5 bulan. pada umur ini mulai dibentuk zat-zat minyak yang disusun dalam sel-sel pengisi disela-sela sabut buah. minyak sabut (CPO) berwarna jingga karena banyak mengandung karoten. bersamaan dengan pembentukan minyak, warna kulit buah akan berubah dari ungu menjadi orannye merah.

Baca juga ini :

0 Response to "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit (Palm Trees)"

Post a Comment