Jenis - Jenis Puring

Beberapa jenis tanaman puring yang ada di Indonesia dengan penamaan bersifat lokal sebagai berikut.

1. Puring Kura
Puring yang dikenal dengan nama Croton Tao Thong atau Tortoise sangat populer di Indonesia. Kata Tao berasal dari bahasa Thai yang berarti kura-kura, begitu pula Tortoise dalam bahasa Inggris. Warna daun tersusun atas warna hijau, kuning, merah, dan coklat. Permukaan/guratan daun agak berkerut, seperti tubuh/tempurung hewan kura-kura.



2. Puring Emping
Puring emping berdaun kecil, tebal dengan warna dominan kuning dan hijau. Bentuk daun agak bundar dan bergelombang seperti emping. Puring ini juga disebut sebagai puring kuping.










3. Puring Walet
Puring walet yang juga disebut puring sriti, memiliki daun seperti tersobek dan memanjang di bagian tengah. Helaian daun tumbuh menjuntai. Warna daun menarik terlihat saat daun sudah tua, yaitu warna daun coklat gelap dengan semburat merah di bagian tulang utama daun. Sedangkan warna bintik-bintik daunnya adalah merah.





4. Puring Apel Malang
Bentuk daun puring apel malang membulat dengan bercak-bercak putih. Daun-daunnya tersusun rapat seperi spiral dengan warna kuning dan hijau.






5. Puring Anting
Tanaman ini dikenal sebagai Mother and Daughters di luar negeri. Penamaan tersebut didasarkan pada daunnya yang memanjang disertai daun kecil yang dihubungkan oleh tulang daun. Puring ini sebenarnya merupakan jenis dengan nama populer Appendiculatum. Dengan nama lengkapnya Codiaeum variegatum var.Pictum. F. Appendiculatum. Warna daun bervariasi dari hijau ke merah dengan tulang daun kuning dan merah.



6. Puring Gelatik
Daunnya memanjang dan lebar dengan ujung lancip. Pucuk daun merekah dan didominasi warna kuning memberi kesan seperti burung gelatik.







7. Puring Jengkol
Puring ini memiliki bentuk dan warna mirip jengkol. Hal ini tampak dari bentuk daun yang bundar dan permukaan bawah daun yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Daunnya agak terpuntir dan diperindah oleh adanya anting di bagian ujung.






8. Puring Oscar
Jenis puring ini memilki kombinasi warna daunnya sangat atraktif. Daun muda dibentuk oleh warna hijau dan kuning yang berbercak secara acak. Warna tersebut akan berubah menjadi coklat kehitam-hitaman dan merah setelah daun menua.

1 Response to "Jenis - Jenis Puring "

  1. Terima kasih gan, artikelnya tentang jenis-jenis puring sangat bermanfaat,,,, silahkan kunjungi blog mesintikku.blogspot.com jika ingin mendapatkan informasi lengkap seputar mesin ketik,,,

    ReplyDelete