Kelapa Kopyor


Kelapa kopyor adalah kelapa abnormal (tidak normal) yang dihasilkan dari pohon kelapa tertentu yang sebagian besar buahnya normaldan sebagian kecil tidak normal (kopyor). 

Kelapa kopyor ditandai oleh tekstur daging buahnya lunak, berbutir-butir, dan mudah lepas dari tempurungnya sehingga memudahkan dikerok.

Bila dilihat secara sepintas dari luar, bentuk dan warna buah kelapa yang normal dan kelapa kopyor tidak ada perbedaan sedikit pun. Untuk membedakan kelapa normal dan kelapa kopyor biasanya buah di goyang-goyang yang menimbulkan suara gemericik. Suara ini berbeda antara kelapa normal dan kelapa kopyor.
Susunan daging buah kelapa kopyor yang tidak beraturan (rusak ) dan agak bebutir-butir menimbulkan suara gemericik bila digoyang-goyang.

Buah kelapa kopyor tidak bisa dijadikan bibit pada penanaman yang akan datang. Untuk membuat bibit kelapa kopyor para petani biasanya menanam buah kelapa nomal, yang dihasilkan dari pohon kelapa yang sebagian besar buahnya normal dan sebagian kecil buahnya kopyor. Bibit kelapa tersebut nantinya akan menghasilkan buah dengan persentase buah sama dengan induknya, yaitu sebagian besar buahnya normal dan sebagian kecil buahnya kopyor.

Dikutip Dari Buku:
“Budidaya Kelapa Kopyor”
Penulis :  Warisno
Penerbit : Kanisius, 2005
Hal. 16 - 17

0 Response to "Kelapa Kopyor"

Post a Comment