Macam-Macam Modal Usaha Tani

Modal usaha tani dapat diklasifikasikan dalam enam golongan utama menurut bentuknya, yaitu :

1. tanah
tanah meliputi 70-90 % dari modal seluruhnya, sehingga merupakan faktor terpenting untuk meninggikan pendapatan petani, karena luas rata-rata usaha tani sangat kecil, maka bagi sebagian petani indonesia, tanah diangap sebaga alat untuk memproduktifkan tenaga.

2. bangunan
bangunan-bangunan seperti kandang ternak, lumbung, gudang, yang dimiliki petani dianggap sebagai modal karena digunakan untuk melncarkan operasi usahatani. bahkan rumah petaninya kadang-kadang dimasukkan kedalam perhitungan modal karena dianggap memberikan tempat berlindung kepada petaninya sebagai laksana awan.

3. alat-alat pertanian dan mesin
macam dan jumlah alat-alat pertanian yang digunakan oleh petani dipengaruhi oleh iklim, keadaan tanah, jenis cabang usaha yang diusahakan dan tingkat kemajuan usaha tani.

4. tanaman dan ternak
tanaman yang masih berada dilapangan merupakan modal usaha tani. modal tanaman ini dinilai berdasarkan umur dan keadaan pertumuhannya. ternak sebagai modal dapat berfungsi, sebagai alat untuk membantu tenaga kerja manusia dapat pula berfungsi sebagai cabang usaha.

5. bahan perlengkapan
bahan perlengkapan terdiri dari bibit, pupuk, obat-obatan pemberantas hama dan penyakit, bahan-bahan ini disebut juga sarana produksi.

6. uang tunai
uang tunai merupakan alat untuk membeli semua perlengkapan produksi yang diperlukan. fungsi uang tunai adalah untuk membiayai semua peralatan dan perlengkapan yang asalnya dari luar usahatani. karena usaha tani yang maju lebih banyak memerlukan peralatan dan perlengkapan dari luar usaha tani, maka diperlukan uang tunai yang lebih banyak.

2 Responses to "Macam-Macam Modal Usaha Tani"

  1. Gan...!!!
    Saya punya lahan. Tapi belum ada modal..???
    Apakah ada cara bagi hasil/talangan dana..???

    ReplyDelete