Peluang Bisnis Baby Corn

Di Indonesia sweet corn (zea mays saccharata sturt), dikenal dengan nama jagung manis. Tanaman ini merupakan jenis jagung yang belum lama dikenal dan baru dikembangkan di Indonesia. Sweet corn semakin popular dan banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan jagung biasa. Selain itu, umur produksinya lebih singkat (genjah) sehingga sangat menguntungkan.

Akhir-akhir ini permintaan pasar terhadap sweet corn terus meningkat seiring dengan munculnya swalayan-swalayan yang senantiasa membutuhkannya dalam jumlah cukup besar. Kebutuhan untuk eksport pun terus bertambah, antara lain dibuktikan oleh adanya peningkatan ekspor.
Kebutuhan pasar yang meningkat dan harga yang tinggi merupakan factor yang dapat merangsang petani untuk dapat mengembangkan usaha tani sweet corn. Apalagi dari segigeografis Indonesia memiliki keuntungan. Letaknya yang berada di daerah tropis member kesempatan kepada hampir semua jenis tanaman untuk tumbuh dengan baik. Berkat iklim yang mendukung dan lahan subur yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, petani dapat mengusahakannya sepanjang tahun. Keuntungan lainnya yang bisa diasakan adalah murahnya harga tenaga kerja. Adanya keuntungan-keuntungan tersebut seharusnya produk sweet corn dari Indonesia lebih mampu bersaing dipasar luar negeri.

Sayangnya, peluang pasar ini belum dapat sepenuhnya dimanfaatkan oleh para petani dan pengusaha Indonesia karena berbagai macam kendala. Produktivitas sweet corn di dalam negeri masih endah dibandingkan dengan diluar negeri akibat penggunaan benih dan teknologi prapanen dan pascapanen yang seadanya. Hal itu merupakan kendala dipihak petani. Sedangkan teknologi pengemasan dan penyimpanan merupakan kendala dipihak pengusaha Indonesia karena sweet corn merupakan tanaman yang mutunya sangat tergantung pada teknik pengemasan dan penyimpanan. Kendala-kendala tersebut hendaknya bukan menjadi hambatan melainkan tantangan bagi para petani dan pengusaha agar dapat meningkatkan mutu dan produksi untuk mengisi peluang pasar yang ada.

Sumber : penebar swadaya “sweet corn baby corn”.2004 

0 Response to "Peluang Bisnis Baby Corn"

Post a Comment