Sistematika dan Morfologi Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak termasuk dalam tumbuhan menahun (perennial), berakar tunggang, berkayu keras, dengan pertumbuhan tegak lurus keatas (erectus) hingga mencapai ketinggian lebih kurang 15 m, berbunga sempurna (hermaphrodite), serta berbuah sepanjang tahun (tanpa mengenal musim). Dalam sistematika (taksonomi) tumbuhan, tanaman sirsak diklasifikasikan sebaga berikut :

Kingdom     : Plantae (Tumbuh-Tumbuhan)
Divisi           : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
Subdivisi      : Angiospermae
Kelas          : Dicotyledonae (Berbiji Tertutup)
Ordo           : Ramunculales
Family         : Annonaceae (Polycarpieae)
Genus         : Annona
Spesies       : Annona Muicata Linn

Kerabat dekat family annonaceae antara lain adalah srikaya (A. Squamosa L.), buah nona (A. Reticulate L.), dan kherimoya (A. Cherimolia Mill). Plasma nutfa tanaman sirsak yang berkembang di berbagai daerah atau Negara menunjukka karakteristik morfologi spesifik.

Secara morfologis, tanaman sirsak mempunyai tajuk berbentuk setengah lingkaran, dengan system percabangan yang mendatar dan rapat. Daun berbentuk bulat dan memanjang, berukuran besar dan lebar, dengan permukaan bagian atas berwarna hijau mengkilap (nitidus). Bunganya (perigynis) (dasar bunga berbentuk mangkok, letak daun-daun bunga dan benang sari lebih tinggi dari pada letak putik). Adapun buahnya berukuran relative besar dan berbentuk jantung, bundar, atau lonjong dengan permukaan yang berduri.


Baca juga ini :

0 Response to "Sistematika dan Morfologi Tanaman Sirsak"

Post a Comment