Teknik Budidaya Untuk Mengurangi Serangan Penggerek Buah Kakao (PBK)

a. Pemangkasan
Pemangkasan juga bermanfaat untuk mengendalikan PBK. Melalui pemangkasan kita mengurangi/membuang cabang, ranting, dan daun-daun yang tidak berguna sehingga penggunaan zat makanan lebih efektif, dan tanaman kakao akan semakin baikpertumbuhannya, bukan hanya dalam hal tajuk tetapi juga dalam pertumbuhan buah Selain itu, pemangkasan akan memberikan banyak penetrasi sinar matahari, serta gerakan angin yang bebas sehingga akan mengurangi serangan PBK. Karena itu, lakukanlah pemangkasan yang tepat waktu dan cara benar, baik dalam pemangkasan bentuk, pemangkasan produksi, maupun pemangkasan pemeliharaan.

b. Pemupukan
Dampak utama pemupukan terhadap tanaman kakao adalah merangsang petumbuhan yang baik. Dampak ini meningkatkan ketahanan kakao terhadap PBK. Tanaman kakao yang tumbuh sehat akan lebih tahan terhadap serangan PBK. Karena itu, lakukanlah pemupukan yang benar dengan memperhatikan dosis, jenis, caa, waktu, dan tempat.

c. Sanitasi
Cara sanitasi penting untuk mematikan PBK yang ada dalam buah yang sudah dipanen. Jika dimatikan, PBK tersebut dapat berkembang biak dan menyerang buah yang masih ada di pohon. Setelah buah dipanen, seluuhnya dibelah, kulit buah dimasukkan ke dalam lobang dan ditutup dengan tanah atau dengan plastic untuk membunuh larva yang masih ada/hidup pada buah. Jika tidak segera dikerjakan simpanlah buah dalam karung plastic yang diikat rapat. Cara tersebut mencegah PBK keluar dan menyerang buah yang belum masak dipohon.

d. Sering memanen
Untuk menuunkan jumlah PBK, sebaiknya semua buah yang sudah masak atau masak awal dipanen seminggu sekali. Cara ini menghindari perpanjangan perkembangan/siklus hidup PBK di kebun.

e. Pemakaian kantong plastic
Kantong pelastik yang dipasang di buah dapat mencegah serangan PBK. Kantong tersebut harus dilobangi di bagian bawah supaya air dapat keluar. Jika tidak dilobangi, mungkin buah kakao akan membusuk. Saat yang tepat pengantongan adalah pada saat ukuran panjang buah sekitar 8 cm.


Baca juga ini :

0 Response to "Teknik Budidaya Untuk Mengurangi Serangan Penggerek Buah Kakao (PBK)"

Post a Comment