Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Kelapa dapat tumbuh pada keasaman tanah antara pH 5 – 8. Pada pH diatas 5,7 sering menujukkan defisiensi Fe dan Mn. (Anonim, 1987)


Kelapa tergolong tanaman yang menyenangi sinar matahari dan pertumbuhannya akan terhambat jika kekurangan sinar matahari.  Lama penyinaran yang dikehendaki adalah 2.000 jam per tahun atau minimal 120 jam per bulan.  Pada bulan Mei hingga Agustus, jumlah rata-rata jam penyinaran per bulan lebih tinggi dan rata-rata penyinaran pada bulan Oktober hingga Maret. Karenanya, pada bulan Mei hingga Agustus jumlah bunga betina lebih banyak dibanding pada bulan Oktober hingga Maret (Rony Palungkun, 2006).


Pertumbuhan tanaman kelapa sangat dipengaruhi oleh suhu, terutama saat berbuah.  Suhu rendah tidak cocok untuk pertumbuhan tanaman kelapa.  Suhu udara yang optimum untuk pertumbuhan dan perkembangan kelapa berkisar antara 270 sampai 280 C dan suhu minimum yang dikehendaki 200C (Imam Harjono, 1997).


Kelembaban merupakan salah satu factor iklim yang ikut mendukung dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman.  Tanaman kelapa akan tumbuh baik pada kelembaban 80 sampai 90%. Pada kelembaban yang terlalu tinggi akan menghambat penyerapan unsur hara, dan tanaman mudah oleh cendawan dan bakteri (Imam Harjono,1997).


Lokasi yang cocok untuk pertumbuhan tanaman kelapa adalah daerah yang mempunyai curah hujan rata – rata 1200 – 2500 mm pertahun dengan penyebaran yang merata sepanjang tahun.  Bila terjadi kekeringan selama 3 bulan, maka tanaman akan kritis. Sebaliknya bila rata – rata curah hujannya terlalu tinggi, tanaman juga sulit melakukan penyerbukan (Rony Palungkun, 2006).


Tanaman kelapa dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, mulai dari jenis tanah pasir sampai dengan liat, bahkan dapat tumbuh dirawa – rawa atau tanah sampai daerah pegunungan. Jenis tanah yang baik adalah tanah alluvial atau tanah lempung yang cukup lembap, tanah laterit berlempung atau tanah liat hitam, tanah pasir khususnya jenis latosol (Rahmat Rukmana dan Herdi Yudihcrahman ,2004).

0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa"

Post a Comment