Rumus Menghitung Pendapatan Bersih

Untuk menghitung pendapatan bersih usahatani terlebih dahulu harus diketahui tingkat pendapatan total dan pengeluaran pada periode tertentu. Pendapatan total petani didekati dengan persamaan sebagai berikut (Boediono, 1993 : 105).


      Pendapatan Total = TR = P x Q
        dimana :
            TR       = Total Revenue = pendapatan total petani (Rp)
             P         = Price = harga pokok per kg
             Q        = Quantitas = jumlah produk yang dihasilkan
Pendapatan bersih petani diperoleh dengan rumus sebagai berikut : (Boediono, 1993 : 106)
p                    = TR – TC
TR       = P x Q
TC       = TFC + TVC
p adalah pendapatan bersih yang diperoleh petani dengan mengurangi pendapatan total dengan biaya total. TR adalah pendapatan total dari penjualan jumlah produk yang dihasilkan (jumlah produk dikalikan harga yang berlaku).
dalah Negara yang berhukum. Untuk itu segala kegiatan yang berupa pengelolaan sampah harus dapat dipertanggungjawabkan secara hokum. Atas dasar itulah hokum sebagai landasan gerak formal baik yang menyangkut organisasi, retribusi, dan sebagainya, seyogyanya dikukuhkan dalam suatu peraturan daerah yang diikuti oleh petunjuk pelaksanaan. Dengan demikian agar landasan hokum tersebut dapat terealisasi dan dapat diterapkan dalam organisasi pengelolaan atau masyarakat harus diawali dengan suatu kajian yang mendalam. Dengan demikian landasan hukum tersebut tidak hanya merupakan aturan formal belaka, namun dapat juga diujudkan dalam pelaksanaannya.

1 Response to "Rumus Menghitung Pendapatan Bersih"

  1. selamat pagi.. trima kasih atas postingannya, sangat membantu saya.. saya ingin bertanya apakah saudara memiliki buku (boediono 1993 : 106), saya sementara penyusunan skripsi, dan dosen saya meminta buku mengenai rumus pendapatan,krna judul skripsi saya analisis pendapatan dan saya sudah mencari tp saya tidak mendaptkannya.. kalau boleh tahu di mana saya bisa mendaptkan buku boediono 1993.. trima ksih

    ReplyDelete